Tuesday 7 January 2020

5 Website Untuk Belajar Coding Gratis

http://thejexz.blogspot.com

Coding...
Pernah dengar bahasa macam kaya ini, apa itu Coding ?
Sudahkah kita belajar Coding ?
Coding adalah : tentang menerjemahkan logika ke dalam bahasa pemrograman komputer. Sementara itu, coder adalah sebutan untuk seseorang yang melakukan coding, juga biasa disebut dengan programmer.
Dua istilah ini Sudah tidak asing lagi bagi Mereka yang memang belajr pada urusan IT, bagi kita yang tidak pernah sekolah pada jurusan IT mungkin kurang paham dengan bahasa ini.

http://thejexz.blogspot.com

Apa Sih Untungnya Belajar Coding ?



Pada era digital seperti sekarang ini, tanpa programmer tidak akan ada aplikasi seperti Gojek, Facebook, ataupun Mobile Banking yang salah satu fiturnya memungkinkan kita untuk dapat menarik uang tanpa kartu di mesin atm. Dan Masih Banyak lagi Aplikasi-aplikasi yang sering kita jumpai dan pernah kita gunakan.

Baca juga : cara menghapus windows old

Semua aplikasi itu dibuat oleh programmer.

Menarik Bukan ?
Tak harus sekolah jurusan IT untuk bisa menjadi seorang programmer, Sekarang ini semua bisa kita pelajari dengan santai dan bisa kita pelajari dari rumah kita masing-masing.
dan inilah beberapa website rekommendasi tempat belajar coding.

1. CODE ACADEMY
http://thejexz.blogspot.com

CodeAcademy merupakan website belajar coding online yang sangat cocok mulai dari cara belajar coding untuk pemula sampai dengan tingkatan yang lebih expert. Tidak hanya bahan pembelajaran, ada juga kuis yang bisa Anda coba untuk mengukur kemampuan Anda memahami materi yang sedang dipelajari.
Lebih dari 24 juta orang sudah belajar cara koding melalui platform ini. ada lebih dari 300 jam konten coding gratis.

http://thejexz.blogspot.com

Website ini menyediakan compiler online yang berguna untuk menerjemahkan program komputer yang ditulis dalam bahasa pemrograman tertentu. Sehingga Anda bisa belajar sekaligus mempraktekan materi yang sudah dipelajari.

Bahasa pemograman yang disediakan lebih ke bahasa pemograman website, seperti JavaScripts, AngularJS, dan beberapa bahasa pemograman lainnya.

3. UDEMY
http://thejexz.blogspot.com
Udemy menyediakan layanan yang sangat lengkap. Mulai dari kursus kesehatan, bisnis, matematika, musik, bahasa, fotografi dan banyak lainnnya. Disini kamu bisa belajar coding php dan pemograman lainnya sesuai dengan tipe belajar kamu.




Website ini juga tidak semuanya gratis akan tetapi Anda bisa mencari kursus yang free sehingga bisa memulai belajar tanpa harus memikirkan biaya yang harus dikeluarkan.

Anda bisa mencoba mencari kursus apa saja yang disediakan di website ini melalui kolom pencarian dengan kata kunci “free” dan semua kursus online secara gratis bisa Anda temukan disana.

4. CODESAYA
http://thejexz.blogspot.com
CodeSaya merupakan salah satu website kursus yang dibuat oleh salah satu coder di Indonesia. Walaupun sampai saat ini masih dalam proses pengembangan. Tetapi, kamu sudah bisa coba dan pakai untuk belajar coding secara gratis sekaligus bisa membantu pengembang untuk terus mengembangkan website tersebut dengan mencoba sistem yang telah disediakan. CodeSaya adalah tempat bagi yang ingin belajar teknologi khususnya dalam pemograman Python, PHP, JavaScript, dan lain-lain

http://thejexz.blogspot.com
Coursera merupakan website yang didirikan sejak tahun 2012 oleh dua orang profesor Stanford Computer Science yang ingin membagikan ilmu dan kemampuannya untuk dunia. Saat ini swebsite tersebut menyediakan banyak sekali tutorial mulai dari bisnis, seni, matematika, dan banyak jenis lainnya. Tidak terkecuali tutorial untuk belajar coding juga disediakan di website ini.

Itulah beberapa situs belajar coding gratis yang bisa kita akses dengan mudah di manapun kita berada asalkan ada jaringan internet tentunya, baik lewat smartphone maupun PC/Laptop.




Kesimpulan
Ada banyak cara dan jalan untuk kita belajar salah satunya belajar coding ini, karena dari semua orang mempunyai selera berbeda maka cara dan jalan belajarpun berbeda, bisa melalui website ini atau dengan jalan kursus langsung dengan pakarnya.
sudah memasuki era digital, sebaiknya kita juga harus update, jangan kalah sama negara-negara maju lainnya.

Demikian tulisan saya kali ini, semoga bermanfaat

TERIMA KASIH

Artikel Terkait